BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN?

22 views

4Funsite.Info – BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN?, BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN?

BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN?

PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN


Menurut survei, mereka yang melakukan pekerjaan yang penuh tantangan, penuh persaingan, penuh tekanan dan sering dikejar batas waktu, akan lebih mudah terkena stres. Dari stres, mereka akan mengalami berbagai gangguan kesehatan, dimulai dari gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi hingga serangan jantung. Survei ini dilakukan pada lebih dari 200 orang pekerja/eksekutif dari bermacam jenis usaha, jabatan dan tanggung jawab yang diemban di Amerika Serikat (AS).
Namun kondisi tersebut berbeda di beberapa negara, seperti Jepang dan Indonesia, yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi, tekanan kerja yang tidak kurang dari AS, namun tingkat stres yang terjadi lebih kecil dibanding dengan AS.
Setelah diteliti, ternyata yang membedakan tingkat stres tersebut adalah iklim sosial, lingkungan kerja dan lingkungan keluarga mereka.
Seperti di Jepang, ada cara yang cukup unik yang dilakukan oleh para pekerjanya. Mereka yang mengalami tekanan pekerjaan biasanya akan pergi ke toko minum (pub) dan mabuk sepulang kantor. Setelah mabuk, mereka akan berteriak kencang untuk melepaskan amarah, bahkan memaki-maki atasan mereka. Seandainya ada atasannya ditempat itu, ia tidak akan marah karena menganggap orang itu sedang mabuk. Setelah mereka merasa tenang, mereka pulang kerumah dan membelikan bunga untuk istrinya, dan para istri akan menyambut di pintu dan membukakan sepatu mereka.
Kebiasaan inilah yang membuat tingkat stres di Jepang berkurang, walau tak jarang kita mendengar berita tentang pengusaha ataupun eksekutif di Jepang yang melakukan bunuh diri karena stres dan tekanan pekerjaan. Namun jumlahnya tidak lebih besar daripada di AS.
Lingkungan sosial dan keluarga sangat mempengaruhi tingkat stres seseorang. Berbeda halnya dengan mereka yang cendrung menyendiri dan menyalurkan kecemasannya dengan merokok, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
Di Indonesia sendiri, tingkat stres para pengusaha/eksekutif kurang lebih sama dengan yang terjadi di Jepang. Dan itu dipengaruhi dari cara/kebiasaan para eksekutif di Indonesia yang sebagian besarnya sudah menyadari tentang hidup sehat. Seperti, olah raga yang rutin, memilih makanan yang sehat dan tidur yang cukup.
Rata-rata mereka memiliki hubungan yang baik di lingkungan kerja dan keluarganya. Mereka juga sering melakukan ibadah baik secara rutin maupun untuk mengatasi stres atau menenangkan diri (seperti sholat dan zikir didalam Islam).
Faktanya, stres dapat terjadi pada siapa saja, pada semua lapisan masyarakat dan di semua jenis pekerjaan.
Jadi kesimpulannya, “Stres terjadi bukan karena besarnya tekanan pekerjaan, tapi bagaimana kita menyikapinya, bagaimana untuk bisa berfikir positif dan memilih cara yang tepat untuk mengatasi stres apabila terjadi”.
No Stress & Be Happy  J

Photo credit: Arun Venkatesan via flickr.com

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN?, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN? berguna untuk anda.

Leave a reply "BENARKAH PEKERJAAN MEMPENGARUHI PIKIRAN?"