OSTEOPOROSIS PADA PRIA

36 views

4Funsite.Info – OSTEOPOROSIS PADA PRIA, OSTEOPOROSIS PADA PRIA

OSTEOPOROSIS PADA PRIA

osteoporosis pria


Apa itu osteoporosis?
Osteoporosis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang atau penurunan kekuatan tulang yang mengakibatkan tulang rapuh.

 

Osteoporosis tidak hanya menyerang wanita, pria pun punya resiko yang sama besar. Namun, pada wanita, penurunan kepadatan tulang terjadi lebih cepat setelah menopause.

Massa tulang (kepadatan tulang) sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, dan terkadang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan obat-obatan yang dikonsumsi. Semakin tinggi kepadatan tulang, semakin kuat tulang tersebut.

Apa gejalanya?
Banyak orang tidak menyadari jika mereka terkena osteoporosis. Osteoporosis dapat hadir tanpa gejala, karena osteoporosis tidak menimbulkan gejala hingga mengalami patah tulang.
Gejala yang berhubungan dengan osteoporosis biasanya adalah rasa sakit / nyeri pada tulang dan sendi, dan gejala pada pria mirip dengan gejala osteoporosis pada wanita.
Faktor apa yang mempengaruhi?
Osteoporosis pada pria dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, kurang olahraga, pola makan yang buruk, kekurangan kalsium dan vitamin D, merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, berat badan rendah, memiliki sejarah patah tulang di saat dewasa, dan riwayat keluarga osteoporosis.
Normalnya, kepadatan tulang akan bertambah selama masa kanak-kanak dan mencapai puncaknya sekitar usia 25. Kepadatan tulang akan dipertahankan selama sekitar 10 tahun. Setelah usia 35, baik pria maupun wanita biasanya akan kehilangan kepadatan tulang mereka 0,3% – 0,5% per tahun sebagai bagian dari proses penuaan.
Bagaimana pencegahannya?
Berikut cara sederhana untuk mencegah osteoporosis;
Olahraga teratur
Olahraga tidak perlu berat yang penting rutin, cobalah olahraga sederhana terlebih dahulu dan jangan memberikan beban terlalu barat pada punggung anda.
Kontrol berat badan
Jaga berat Anda, jangan terlalu ringan dari berat ideal Anda.
Rumus berat ideal (Tinggi badan – 100) – ((Tinggi badan – 100) x 10%).
Contoh: pria dengan tinggi 180 cm, berat badan idealnya adalah (180cm – 100) – ((180cm – 100) x 10%) = 72 kg.
Perhatikan diet Anda
Melakukan diet keat berisiko membuat tubuh anda kehilangan nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium.
Penuhi kebutuhan kalsium
Dengan mengonsumsi susu, produk susu, bayam, brokoli, Kacang-kacangan, Sayuran, Kurma, Buah-buahan, Telur dan Ikan
Konsumsi suplemen
Bagi Anda yang berusia diatas 35, konsultasikan pada dokter Anda, suplemen kalsium mana yang baik untuk Anda konsumsi. Konsumsi juga suplemen yang mengandung vitamin D atau mulai besok, berjemurlah di saat pagi hari guna mencukupi asupan vitamin D Anda selama 5 – 20 menit.
Jangan abaikan rasa nyeri
Apabila anda merasakan nyeri yang tak biasa pada tubuh Anda, segera kunjungi dokter.
Stop rokok dan alkohol
Kedua faktor ini dapat mengurangi kepadatan tulang.
That’s it…


Photo credit: German Tenorio via flickr.com

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  OSTEOPOROSIS PADA PRIA, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  OSTEOPOROSIS PADA PRIA berguna untuk anda.