PENUAAN DAN KEMATIAN

24 views

4Funsite.Info – PENUAAN DAN KEMATIAN, PENUAAN DAN KEMATIAN

PENUAAN DAN KEMATIAN

PENUAAN, KEMATIAN
Panjang umur dan sehat sentosa adalah doa yang selalu dinyanyikan pada saat kita ulang tahun, betul tidak?.
Dan itu membuktikan bahwa sejak dahulu manusia selalu ingin panjang umur dan selalu sehat. Bahkan sejak peradaban dimulai, awet muda dan keabadian menjadi impian banyak orang.
Menurut penelitian, usia manusia rata-rata hanya 22 tahun, namun itu dulu, sekitar 2000 tahun yang lalu. Pada abad pertengahan, usia rata-rata meningkat menjadi 25-30 tahun. Kemudian pada abad 19 melonjak menjadi 45 tahun, hingga sekarang, dimulai dari tahun 1996, usia rata-rata manusia lebih dari 75 tahun. Tentu saja ini terjadi tidak pada semua orang, ada juga yang dapat hidup melebihi 100 tahun, namun itu jarang sekali terjadi.
Lonjakan umur ini rata-rata terjadi setelah ilmu dan teknologi berkembang pesat pada abad 19 dan 20.
Bertambahnya harapan hidup terjadi karena manusia semakin memahami mekanisme biologis yang terjadi di dalam tubuh.
Seperti kemampuan menahan penyakit, proses tumbuh kembang, degenerasi sel, teknologi kedokteran, teknologi pangan dan teknologi lingkungan.
Penuaan mulai berlangsung ketika sel otot jantung, sel saraf dan sel sumsum tulang belakang tidak lagi bertambah atau berkembang.
Dan ini dimulai pada saat kita anak-anak.
Proses penuaan tercepat terjadi pada usia belasan hingga pada usia 20-an kita kehilangan sekitar 10.000 sel saraf otak dan sel tersebut tidak tergantikan. Pada usia 20-40, proses penuaan terjadi sangat lamban dan akan kembali cepat setelah 40 tahun.
Pada usia 45-85, tubuh bagian atas akan menyusut hingga 10cm, dan pada tahap ini, osteoporosis dan perapuhan tulang tidak dapat kita hindari.
Ketika mengalami proses penuaan, kekuatan kita akan menurun, respon mulai melambat, mulai telat mikir bahkan pikun, daya perasa pada lidah, daya penglihatan dan pendengaran akan berkurang, kemampuan jantung memompa darah menurun, sel-sel kulit kehilangan air sehingga kurang elastis dan berkerut, sistem imun tubuh menurun sehingga rentan terhadap penyakit.
Tetapi uniknya, jika manusia berhasil mencapai usia 80, bahaya kanker akan menurun bahkan hilang sama sekali.
Namun, ada satu aktifitas tubuh pada pria yang tidak menurun dengan bertambahnya usia, yaitu seks.
Studi yang paling kontroversial adalah penelitian untuk menemukan gen yang sangat berpengaruh terhadap umur organisme, salah satunya adalah gen pada nematoda yang disebut AGE-I, gen ini akan menyebabkan proses penuaan menjadi lebih lambat sehingga umur bertambah.
Gen lainnya adalah proto-oncogene (BCL-2) yang ditemukan oleh para peneliti dari UCLA School Of Medicine, gen ini mampu menghambat kematian sel otak dengan cara menghambat produksi oksigen reaktif.
Sementara itu, para peneliti lain telah menemukan gen manusia penyandi superoksida dismutase yang terletak pada kromosom 212. Gen itu berhasil diuji coba pada lalat buah dan menyebabkan umur lalat buah meningkat dua kali lipat.
Michael Rose, profesor genetika UCLA, menyatakan bahwa dengan memanipulasi gen ini maka harapan hidup manusia dapat ditingkatkan hingga 400 tahun, dan pendapat ini didukung pula oleh beberapa peneliti lainnya.
Hingga saat ini, ratusan peneliti di dunia terus melakukan riset untuk memecahkan misteri penuaan dan kematian.
Diluar dari itu, rezki, jodoh dan umur merupakan ketentuan yang diatas.
Seberapapun sehatnya kita, seberapapun mudanya kita, umur tak akan bisa dirubah.
“Untuk sehat dan awet muda, pasti ada caranya, tapi kematian, tidak ada yang bisa menebak bahkan menolaknya”.
Setuju atau tidak, terserah Bos bro. J

Photo credit: Tim Bouwer via flickr.com

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  PENUAAN DAN KEMATIAN, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  PENUAAN DAN KEMATIAN berguna untuk anda.